Skip to main content

Cara Membaca Efektif

Cara Membaca EfektifInformasi Praktis --  Kemampuan membaca efektif membuat seseorang bisa menghemat  waktu belajar. Bagaimana caranya?
 
Berikut ini cara membaca efektif.

1. Kenali berapa kecepatan membaca Anda.
Untuk membaca dalam bahasa Inggris 240 - 360 kata per menit adalah angka rata-rata. Usahakan kecepatan membaca mencapai 600 – 840 kata per menit.


2. Jangan teruskan kebiasaan membaca yang memperlambat, 
seperti bibir yang bergerak dan suara di kepala yang mengulang apa yang Anda baca. Selain itu, jangan mengulang-ulang membaca kata atau kalimat uang sama karena kurang percaya diri. 

Ketidakmengertian karena kosa kata yang kurang harus diatasi lebih dulu. Jangan pula membaca kata per kata, tetapi tangkap informasi secara umum saja.

3. Melatih mata.
Latihlah mata Anda sehingga dalam satu penglihatan bisa langsung menyapu enam sampai sepuluh kata.


4. Gunakan musik. 
Berlatih dengan menggunakan musik bertempo tinggi. Otomatis Anda akan membaca secepat  tempo musik yang didengar.

5. Baca dari belakang ke depan
Coba juga untuk membaca sebuah bab dari belakang ke depan. Alasannya, bagian belakang biasanya berisi kesimpulan. Mengerti kesimpulan akan membantu Anda menangkap hal-hal berarti, ketika Anda membaca seluruh bab.

6. Terus berlatih
Terus berlatih dan berusaha mencapai kecepatan yang lebih tinggi.


Sumber: Rubrik “Kilas Konsumen”.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Ngopi Tanpa Sakit Maag

Suka ngopi tapi sering terganggu oleh sakit maag? Bisa coba tips berikut ini.  Jangan minum kopi saat perut masih kosong. Makanlah dulu. Hindari minum kopi setelah jam 8 malam. Pilih kopi jujur jenis arabica. Kopi arabica memiliki kadar asam adn kafein yang rendah. Lebih aman bagi  lambung daripad kopi jenis robusta. Usahakan menggiling kopi sendiri. Pilih biji kopi yang berwarna gelap.  Setelah disangrai, kopi harus didiamkan dulu. Kopi yang baru disangrai memiliki kandungan asam yang tinggi.

Sedang Diet? Ikuti Panduan Makan Ini

  Informasi Praktis -- Melaksanakan diet tidak semudah mengucapkannya. Supaya diet tidak "mulai besok aja", yuk ikuti panduan makan berikut ini.

15 Cara Seru Jadi Teman Asyik

Informasi Praktis -- Tersiksa banget saat teman-teman menjauhi kita. Nggak perlu nyalahin mereka, tapi salahin diri kita kenapa nggak introspeksi diri. Check this out. The ways to be cool friend. 1. Suka menolong. Sering ngebantu teman yang punya masalah. Jadi, saat kita sedang tertimpa musibah, mereka juga nggak akan segan membantu.