Skip to main content

10 Langkah Berhemat alias Mengencangkan Ikat Pinggang


10 Langkah Berhemat alias Mengencangkan Ikat Pinggang Informasi Praktis – Di zaman serba susah ini,  berhemat alias mengencangkan ikat pinggang adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Berikut langkah-langkah yang dapat menginspirasi Anda bahwa berhemat itu ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

1. Hindari membeli barang yang tak perlu.
Mulailah dari hal-hal kecil.Misalnya tak lagi lapar mata dengan membeli botol soda ekstra untuk jaga-jaga kalau ada tamu di rumah. Air putih dingin yang diberi irisan jeruk lemon tak hanya lebih murah, tapi juga lebih segar dan eksotis.


2. Tentukan tujuan berhemat.
Untuk jangka pendek, hal ini kedengarannya mudah. Namun, untuk jangka panjang, mau tak mau butuh perencanaan.

Misalnya, untuk menikmati pensiun yang layak selama 20 tahun setela berhenti bekerja, Anda harus tahu investasi apa yang harus dilakukan.

3. Tentukan persentase gaji untuk ditabung.
Tak ada patokan yang ideal karena semuanya tergantuntung dari masing-masing orang. Yang penting, Anda tiap bulan disiplin menyisakan sejumlah uang.

Caranya, sebelum membayar berbagai tagihan, sisihkan dahulu yang akan ditabung. Jangan membayar tagihan dulu baru sisanya ditabung. Bila mendapat uang lebih,misalnya bonus atau gratifikasi, langsung tabungkan uang tersebut dan tetap disiplin menabung dari gaji bulanan.

4. Catat setiap pengeluaran, bahkan pengeluaran sekecil apa pun.
Memang merepotkan, namun dengan cara begini Anda jadi mudah melacak larinya uang. Dari situ Anda juga bisa tahu pos-pos mana saja yang bisa dipotong.

5. Pelajari kembali tujuan menabung.
Teliti kembali jumlah yang telah ditabung. Bila masih jauh dari target, mungkin sebaiknya ditinjau kembali dengan menunda atau justru mengubah tujuan.

Sebaiknya tujuan menabung jangan hanya untuk membeli barang. Ada baiknya tetap menyisakan dana darurat untuk dipergunakan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.


10 Langkah Berhemat alias Mengencangkan Ikat Pinggang


6. Buat bujet.
Begitu berhasil menyeimbangkan pendapatan dan tabungan, buatlah bujet bulanan agar ketahuan jumlah pengeluaran yang dibutuhkan, bahkan pengeluaran yang kecil-kecil sekalipun.

7. Patuhi bujet.
Percuma bila bujet yang sudah dibikin tidak diikuti. Perlu sedikit disiplin, dan ingat terus tujuan Anda membuat bujet pada awalnya.

8. Buka rekening terpisah.
Ini untuk memudahkan melacak tabungan. Lagi pula, karena sifatnya ditabung maka rekening itu juga menuai bunga.

9. Hindari penggunaan kartu kredit.
Hal ini merupakan cara paling efektif untuk mengurangi pengeluaran. Gunakan uang tunai untuk setiap pengeluaran sehingga Anda sadar sedang membelanjakan uang.

10. Bayar utang.
Begitu utang terbayar, Anda jadi mudah menetapkan tujuan menabung.


Sumber:  Rubrik “Ragam”. Koran Kompas, tanggal 6 Maret 2007, halaman 43.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Ngopi Tanpa Sakit Maag

Suka ngopi tapi sering terganggu oleh sakit maag? Bisa coba tips berikut ini.  Jangan minum kopi saat perut masih kosong. Makanlah dulu. Hindari minum kopi setelah jam 8 malam. Pilih kopi jujur jenis arabica. Kopi arabica memiliki kadar asam adn kafein yang rendah. Lebih aman bagi  lambung daripad kopi jenis robusta. Usahakan menggiling kopi sendiri. Pilih biji kopi yang berwarna gelap.  Setelah disangrai, kopi harus didiamkan dulu. Kopi yang baru disangrai memiliki kandungan asam yang tinggi.

Sedang Diet? Ikuti Panduan Makan Ini

  Informasi Praktis -- Melaksanakan diet tidak semudah mengucapkannya. Supaya diet tidak "mulai besok aja", yuk ikuti panduan makan berikut ini.

15 Cara Seru Jadi Teman Asyik

Informasi Praktis -- Tersiksa banget saat teman-teman menjauhi kita. Nggak perlu nyalahin mereka, tapi salahin diri kita kenapa nggak introspeksi diri. Check this out. The ways to be cool friend. 1. Suka menolong. Sering ngebantu teman yang punya masalah. Jadi, saat kita sedang tertimpa musibah, mereka juga nggak akan segan membantu.